Rabu, 02 September 2015

Latihan Dasar Kepemimpinan SMP Penabur Kebumen by : Angelyna

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)
SMP Penabur Kebumen

Sabtu siang, 22 Agustus 2015. Murid kelas VII, VIII, IX SMP Penabur Kebumen berkumpul di sekolah untuk mengikuti LDK. dari kels VII dibagi menjadi 2 regu yaitu regu mawar dan regu elang. dari kelas VIII juga dibagi menjadi 2 regu yaitu regu sakura dan regu serigala. dan dari kelas IX terdiri dari para dewan.


Setelah semua andik dan dewan sudah berkumpul semua, semuanya mengadakan upacara pembukaan (apel). Setelah melakukan apel, kelas VIII diberi tugas melatih PBB kelas VII sambil menunggu kls IX menyiapkan kelas untuk ruang utama.


Setelah selesai latihan PBB, semuanya dikumpulkan di ruang kelas VIII. Kakak dewan mengajak andik-andik menyanyi dan tepuk-tepuk ala pramuka. Para andik mengikuti kakak dewan dan semuanya tertawa dan senang.


Setelah selesai, semua masak untuk makan malam. Regu sakura memasak cah kangkung, sosis goreng, dan tahu telur goreng. Semuanya berkumpul di kelas VIII untuk makan malam termasuk para kakak dewan.



Setelah selesai makan malam, para andik diberi materi oleh Kak Pur, Kak Wiji, dan diberi renungan oleh Kak Rina. Setelah selesai materi, semuanya dibubarkan untuk bersiap tidur. Seluruh dewan menjaga gerbang dan para andik tidur.


Saat jam 2 pagi, para anak kelas VIII dibangunkan oleh Kak Teguh dan seluruh anak kelas VIII mencari jejak tetapi anak kelas VII masih jam tidur dan akan dibangunkan pada pukul empat. Pada jam 04.00 setiap regu harus sudah kembali ke sekolah. Pada saat kami berada di gang sawo, kami bertemu kakak dewan yaitu Agata. Ia memberi petunjuk menggunakan bendera semaphore.


Di depan gang telasih, kami bertemu kakak pratama yaitu Evan. Setelah itu kami berjalan sampai depan kuburan. Setelah sampai depan kuburan, kami bertemu kakak dewan yaitu Tunang. Kami menemukan kertas yang memberi petunjuk untuk lewat gang tembusan hotel patra.


Setelah sampai depan hotel patra, kami harus mencari kertas petunjuk lagi. Kami dusuruh jalan sampai dekat tugu lawet, kami disuruh masuk ke salah satu gang disana. Disana, kami pertama bertemu 2 kakak dewan yaitu Vina dan Michelle.


Kami masuk ke dalam gang lalu beremu beberapa kakak dewa lagi tetapi dengan tempat yang berbeda-beda dan kakak dewan tersebut yaitu Sarah, Hellen, Uci, Febri, Tiwi, dan salah satu pembina yaitu Kak Wiji. Setelah itu, kami kembali ke sekolah. Tepat pada jam 03.40 kami sampai di sekolah. setelah sampai di sekolah, kami disuruh membuat peta perjalanan.


Peta kami disalin oleh anak kelas VII. Setelah itu, kami disuruh mandi dan bersiap-siap ke gereja. Setelah jam setengah 6, kami masuk ke gereja da selesai jam setengah 8. Setelah itu kami cepat-cepat masak, makan, lalu berbaris untuk bersiap-siap pergi ke pos-pos.


Pos pertama yang kami kunjungi adalah pos KIM, lalu ke pos tali temali. Setelah dari pos tali temali, kami ke pos PBB. Setelah dari pos PBB, kami pergi untuk membeli minum. Setelah kami membeli minum, kami ke pos tanda medan. Setelah dari pos tanda medan, kami ke pos Morse. Setelah dari pos morse, kami kembali ke sekolah. Setelah kami kembali ke sekolah, kami memasak makanan lalu jam 03.00 kami makan cepat-cepat lalu upacara penutupan.


Pada saat upacara penutupan, para dewan dilantik untuk menjadi Dewan Kehormatan (DK), dan para anak kls VIII dilantik untuk menjadi dewan. Kami semua disiram air bunga dan setelah itu kami pulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar