Rabu, 02 September 2015

Oleh FIGLIO EUFORIUS FIDUCINANDA SMP Penabur Kebumen Kelas 8 tp 2015/2016

Kegiatan LDK SMP  Penabur Kebumen

Pada tanggal 22 dan 23 Agustus 2015, SMP Penabur mengadakan kegiatan LDK (Latihan Dasar kepemimpinan). Kegiatan tersebut diikuti oleh siswa kelas 7, 8 dan 9 serta guru-guru. Kegiatan tersebut dilaksanakan pukul 14.00 WIB, semua anggota mempersiapkan peralatan yang perlu dibawa, contohnya : alat masak, peralatan mandi dan perlengkapan pramuka.
  Ketika waktu menunjukan 14.00 WIB semua anggota dan guru-guru melaksanakan upacara pembukaan LDK, petugasnya antara lain kelas 8 dan 9. Setelah usai upacara pembukaan, semua anggota/kelompok mulai memasak dan bersih-bersih (mandi). Saat waktu menunjukan pukul 19.00 WIB semua kelompok makan malam. Sayuran yang kami makan (regu serigala) yaitu sayur kangkung dan tempe goreng walaupun sedikit tapi enak.
  Setelah semua anggota makan, kami masuk ke kelas untuk mendengarkan renungan dari pembina LDK. di dalam kelas kami di ajari bagaimana untuk menjadi pemimpin yang baik. Untuk menjadi pemimpin yang baik kita harus mencontohkan yang baik kepada anggota "kata pembina".
   Waktu menunjukan pukul 22.00, semua anggota istirahat (tidur). Kamar laki-laki berada di kelas 9 sedangkan kamar perempuan berada di kelas 7, akan tetapi anggota laki-laki tidak bisa tidur karena ada anggota yang berisik. Ketika pukul 1.00 anggota laki-laki tertidur. Pada pukul 3.00 kami dibangunkan oleh kaka pembina,  kami di suruh untuk melakukan kegiatan cari jejak. Dalam kegiatan mencari jejak kami disuruh untuk mencari jejak melewati gang-gang kecil.
  Sesampainya di pos 1 kami di tugaskan untuk membaca huruf dari semaphore yang di praktikan oleh kaka dewan kelas 9. Huruf itu menunjukan jalan mana yang harus dilewati. Huruf itu menunjukan arah selatan melewati klentheng kebumen.
  Sesampainya di pos 2 kami mencari tanda jejak yang dibuat menggunakan batu, tanda itu menunjukan ke arah kanan (kuburan). Sesampainya di kuburan kami bingung gang mana yang harus dilewati. Lalu kami mengambil keputusan untuk lewat gang kecil di sebelah kuburan. Di pos 3 kami mencari kertas berisi peta. Peta itu menunjukan arah tugu lawet.
  Di sekitar tugu lawet ada pos 4, di pos 4 kami ditunjukan arah jalan yang dilewati, arah itu menunjukan ke keposan. Sesampainya di pos 5 kami diberi tahu arah jalan ke sekolah. Sesampainya disekolah kami ditugaskan membuat peta perjalanan yang sudah kami lewati.
  Ketika pukul 6.00 kami pergi ke gereja untuk beribadah. Sepulangnya dari gereja kami semua melakukan mencari jejak lagi bersama siswa kelas 7. Setelah selesai mencari jejak kami makan dan siap-siap untuk pulang. Sebelum pulang kami melakukan upacara penutupan dan pelantikan dewan kehormatan dan dewan. Setelah selesai upacara kami diperbolehkan untuk pulang kerumah masing-masing.